Selasa, 09 April 2013

Cinta Setoples Kacang

Cinta Setoples Kacang
Oleh : Aditya Bayu Anggara

            Malam itu gue lagi kagak ada kerjaan banget, akhirnya gue memutuskan untuk mencari pasangan gue. Gue kesepian banget, tiap malem gue kesepian, mau sms ga ada yang di sms mau nelfon apa lagi, maklumlah gue baru diputusin sama pacar gue. Gue sedih banget dan coba untuk move on. Dan di malam itu juga akhirnya gue berhasil membuat keputusan. Gue nemuin siapa jodoh gue sebenernya. Gue yakin banget sama keputusan yang gue ambil. Kulitnya kuning langsat, dia tau gimana caranya bikin gue seneng, dia juga langsing bodinya kayak gitar Spangyol, ya.. dia adalah sesuatu banget dan gue sayang banget sama dia. Dia adalah setoples kacang yang baru aja gue beli dari swalayan kecil miliknya tetangga gue yang masih ada kerabat sama gue. Gue juga baru tau kalau ternyata tetangga gue itu adalah adik dari keponakan ayahnya adik pamannya Eang Sabar yang ternyata kakak dari ayah dari saudara sepupu ayahnya kakaknya bapak gua.
            Oke, sekarang lanjut ceritanya. Gue cari setoples kacang itu, rasanya hampa banget hatiku tanpanya. Bayangin setoples kacang itu deket banget sama gue seakan akan ada chemistry gitooohhh... gua sedih banget. Akhirnya gue cari dia. Gue panggil panggil dia.
            “Kacang.... dimana kamu, please jangan tinggalkan aku.. aku galau cang...”
Yang bikin gue kaget ada jawaban, sekilas gue kira kalau kacang itu juga suka sama gue sampe-sampe dia mau jawab panggilan gue. Gua cari sumber suara itu berasal, “kacang, dimana kamu.. aku akan selamatkan kamu, tunggu aku. Aku tak akan membiarkan satu orang pun menyakitimu...” sambil pasang muka sinis yang ganteng dan imut kayak gue. Suara sahutan itu dari luar rumah, seketika itu gue kecewa. Dan ternyata itu adalah si Busur, penjual kacang goreng langganan Eang Sabar. Gue kecewa dan gue balik masuk kedalam rumah dengan hati yang hampa, bayangin coba, tragis kan?? Emang tega tuh si kacang, dia ga tau apa kalau gue khawatir banget sama dia, gue takut terjadi apa-apa sama dia.
            Akhirnya gua putusin ke kamar gue, gue ambil bantal guling, gue tengkurep dan gue nangis... Gue sama siapa sekarang, ga ada temen lagi, bahkan si kacang pasangan hidup yang baru gue kenal tadi sore ninggalin gue, sedih banget... hiks hiks hiks.
            Aku marah, aku ngambek, kacang jahat. Gue buka dan gue buang selimut halus yang selalu menyelimuti malam-malam kiutku yang lembut cetar membahana dan terpampang nyata kayak kepalanya Dade Kabuder yang terang benderang, yang merakyat seperti Pak Sukowi. Dan CLINK!!!! Ternyata si kacang nongol di depan gue. Aku terharu banget kagak nyangka kalau ternyata dia ngajakin aku petak umpet ak nyesel banget udah nuduh dia yang aneh-aneh, maafkan aku kacang, tapi itu karena aku sayang banget sama kamu.
            Gue peluk erat si kacang seakan gue ga mau kehilangan dia untuk yang kedua kalinya. Sebengernya malam itu ada acara bola antara MU sama Chelsea, yah terpaksa si kacang gue makan. Tapi, jujur sebenernya aku ga tega. Aku ga tega misahin kacang itu dengan toplesnya. Itu ga adil banget. Mereka diciptakan untuk bersama. Jahat banget kayaknya kalau aku memisahkan mereka berdua.
            Tapi gua laper, dan gue buka tutup toples itu. Gue ambil satu kacang di dalamnya, tapi gue ga tega dan akhirnya aku menangis, sedih rasanya apa aku harus memakanmu dan memisahkanmu dengannya, maafkan aku toples aku harus lakukan semua ini. Gue kupas kacang itu dengan lembut dan sepenuh hati agar tak ada luka goresan sedikitpun yang akan menyakitinya. Tapi tetep aja aku ga tega liatnya. Si toples menangis dan terus menangis, haru rasanya.
            Akhirnya aku buang tutup toples itu. Dan suara tangisan itu semakin kencang, aku sedih tapi ternyata itu tangisan rintihan adik sepupuku yang kehilangan separuh kerupuknya. Dasar balita kecil pengganggu. Gitu aja pake nangis, itu berarti dia balita cengeng. Ga kayak gue yang gentle dan pemberani ini. Tapi itu bukan salah dia, dia nggak tau apa-apa, dia nggak tau kalau gue lagi sedih. Gue sedang galau memikirkan bagaimana nasib si kacang dan toples ini yang sudah saling mencinta. Akhirnya gue ikut-ikutan nangis, gue malu tapi gue bangga, gue bisa nagis lebih keras dari adik sepupu gue, rasain itu... hahahaha, tertawa kejam tapi manis dan imut. Ya, maklum lah cowok manis kayak gue kan ga bisa keliatan kejam, ahay.
            Satu jam berlalu, dan akhirnya gue kepikiran sesuatu, gue punya ide setelah gue makan satu piring lontong gandul mahal yang hanya gue yang mampu makan itu, ya, aku baru aja dikasih tetangga sebelah sih tadi pagi. Gue bayangin gimana kalau kacang ini aku jadiin kecap aja. Tapi kecap itu hitam, gimana kalau tahu aja ya. Tapi tahu itu putih, itu namanya diskriminasi tingkat dewa. Walaupun kecap lebih manis sih. Tapi kenapa tahu diciptakan lebih putih, itu ga adil. Kasian kan kecap sebagai ras hitam yang disia-siakan. Tapi kalau ga ada tahu, dikantin ga ada lagi Gandul. Itu berarti gue ga bisa makan lontong gandul Mbok Darmi lagi, pilu gue, apa yang harus aku lakuin sekarang, aku hanya bisa pasrah.
Tapi gandul kalau dikasih kecap plus ayam itu bisa jadi opor, maksudnya gandul tambah semur, itu opornya mantep banget deh, coba aja. Soalnya gue ga pernah nyoba. Akhirnya gue memutuskan, gue memutuskan untuk tidak membuat si kacang menjadi kecap ataupun tahu, itu diskriminasi men. Kasian juga kan si Toples, ntar nasibnya gimana coba, malang banget dia. Gue nyesel udah huang tutupnya. Toples-toples, maafkan aku ya...
Gue makan semua kacang itu, gue laper, laper, laPERRRRR!!!! Dan semuanya habis, yang tersisa hanyalah kenangan indah nan manis yang telah kita lalui bersama, aku menyesal, tapi kenyang, hehehe. Kebetulan saat itu gue lagi nonton iklan Cocokruns, gue liat si coco, dan anjrit, mukanya kayak Suneo lahir lagi kena sipilis, sial banget... wuek, jijik gue liatnya.
Tapi ternyata itu bukan iklan biasa, itu iklan yang tragis, iklan itu membuat gandum berwarna coklat kehitaman. Dan ternyata itu bukan coklat, itu adalah kecap, itu berarti si kacang bakalan punya saingan berat kalo akhirnya gue olah dia jadi kecap. Itu jahat banget, dasar rasisme, aku ga suka. Awas aja nanti malem tak bilangin mama, biar gue dibeliin cocokrun. Gila apa, gue pengen banget makan cocokruns, kayaknya enak. Tapi gue juga masih memikirkan akan perasaan si kacang, gue ga sanggup lakuinnya. Hiks.. hiks... pilu..
Kacang, aku cinta banget sama kamu. Untung aku udah makan kamu, jadi ga bakalan ada lagi yang bisa misahin kita berdua. Dan akhirnya gue tidur, aku tidur dengan lelap, tapi aku bermimpi buruk. Aku mimpi aku dikejar oleh monster tahu besar yang menginginkan coco, aku bilang.
“Tahu, maafkan aku.. tapi aku tidak tau dimana coco!”, dan akhirnya datanglah pahlawan penolongku, yah.... si kacang pembawa berkat, eh kecap maksudnya. Dia bertarung dengan tahu dan jadilah mereka berdua menjadi satu. Dan kini mereka lebih dikenal dengan lontong Gandul, ah so sweet nya.... tapi tak lama kemudian datanglah si nasi goreng dan nasi uduk, ternyata mereka baik. Mereka Cuma mau berterima kasih kepada kecap dan kacang. Karena merekalah orang bisa membedakan antara nasi goreng dan nasi uduk.
Dan akhirnya untuk mengenang si kacang yang hanya tinggal sebuah cerita. Aku memutuskan hal yang sangat amat penting. Aku berlari ke sebuah warung makan. Aku membeli sebungkus Opor tahu semur kecap dan aku taruh itu di dalam toples bekas hunian si kacang pasangan jiwaku. Semoga dia tau kalau aku lakuin itu semjua semata-mata hanya untuk mengenangmu kacang. Semoga kau tenang di alam sana. Maafkan aku telah memisahkanmu dengan toples ini, aku tau kalian saling menyayangi.

Maafkan aku, aku mencintaimu. Tapi cinta ini bertepuk sebelah tangan, aku tidak mau memisahkan kalian. Kalian sudah saling mencintai... cinta setoples kacang yang abadi.. huft, mengharukan. Dan sekarang aku percaya kalau cinta itu harus memiliki, dan orang yang berkata bahwa cinta itu tak harus memiliki adalah orang yang putus asa mengejar cintanya dan menghiburnya dengan kata-kata itu. Kata-kata itu aku peroleh, karena acara semalam yang aku tonton ternyata bukan acara bola, tapi Mario Tegang Goblen Wes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar